Materi Alam Semesta IPA SD

Alam semesta adalah ruang dimana di dalamnya terdapat kehidupan biotik maupun abiotik serta segala macam peristiwa alam yang dapat diungkapkan maupun tidak. Sebenarnya seluruh kejadian di alam semesta sudah terjadi dan kejadiannya mengikuti segala rencana dan konsep yang sudah tertera di dalam Al-Qur'an.Alam semesta merupakan kumpulan materi berukuran tak hingga yang telah ada sejak dulu kala dan akan terus ada selamanya,Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya.Dalam perspektif Islam, tujuan penciptaan alam semesta ini pada dasarnya adalah sarana untuk menghantarkan manusia pada pengetahuan dan pembuktian tentang keberadaan dan kemahakuasaan Allah Swt. mewajibkan adanya zat yang mewujudkannya.


Teori pembentukan alam semesta yang terbaik dan banyak didukung para ahli sampai sekarang adalah Teori Big Bang. Teori ini meyakini bahwa terbentuknya alam semesta berasal dari dentuman yang dahsyat. Teori Big Bang dikemukakan oleh Abbe Lemaitre pada tahun 1920-an.Teori Big Bang menjelaskan bahwa alam semesta yang kita kenal berasal dari titik tunggal dengan panas dan padat yang tak terhingga. Titik tunggal ini mengembang dan meregang dengan kecepatan yang tak terduga dalam 13,8 miliar tahun dan terus berkembang menjadi alam semesta yang kita kenal sekarang.


Isi dari alam semesta :

1. Planet

Kita hidup di sebuah planet bernama Bumi. Kamu sendiri tahu enggak definisi dari planet itu sendiri?

Planet adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri dan dipenuhi satelit.

2. Bintang

Bintang tampak kecil di langit, tapi sebenarnya mereka berukuran cukup besar.Bintang sendiri merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang disebabkan oleh reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi intinya.

3. Asteroid

Asteroid disebut juga planet minor atau planetoid dan merupakan benda berukuran lebih kecil daripada planet tetapi lebih besar daripada meteoroid yang umumnya terdapat di bagian dalam tata surya.

4. Komet ini berbentuk seperti bintang jatuh yang berwarna-warni.

Komet sendiri merupakan sebuah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong, parabolis, atau hiperbolis.

5. Meteor

Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul.

6. Galaksi

Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, gas dan debu dengan materi komponen mayoritas gelap.

7. Matahari

Matahari atau sang surya adalah bintang di pusat tata surya.

Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet.





Komentar